Apakah Susah Mencari Kawasan dan Makanan Halal Di Singapura?

Share

Singapura merupakan Negara yang sudah maju dengan penduduk yang tidak terlalu banyak, sekitar 5,3 juta penduduk. Penduduknya terdiri dari China, Melayu, Arab, India, dan Asia Juga Negara ini merupakan Negara terpadat kedua dan Negara paling terglobalisasi.

Karena Singapura terdiri dari berbagai ras, Negara ini memiliki kawasan-kawasan terkenal sendiri seperti China Town yang berisi makanan dan segala yang berhubungan dengan China, atau Bugis Street dan Little India yang merupakan kawasan orang timur.

Mencari kawasan dan makanan halal di Singapura tidak terlalu sulit. Biasanya makanan yang halal terdapat logo halal sehingga kita tahu restoran tersebut memang halal. Makanan halal pun banyak di temui di kawasan penduduk timur. Tetapi kalau di kawasan seperti pecinan China anda akan sulit menemukannya.

Agar anda tidak kebingungan apa saja kawasan dan dimana saja makanan halal dapat ditemui, berikut info selengkapnya dan tips yang bisa anda baca:

1. Bugis street
Biasanya para turis dari Indonesia menetap di kawasan Bugis karena kawasan ini sangat recommended untuk di jadikan tempat tinggal. Di lingkungan ini rata-rata penduduknya berasal dari timur dan beberapa penjual toko bisa berbahasa melayu, sehingga akan memudahkan anda untuk berkomunikasi (walaupun memang secara umum berbahasa Inggris). Di kawasan ini terdapat masjid terkenal bernama Masjid Sultan. Tidak hanya untuk ibadah tapi masjid ini juga sering dikunjungi berbagai turis mancanegara. Disana anda bisa meminum air putih segar dengan gratis.
Untuk mencari makanan halal di kawasan ini sangat mudah. Banyak restoran khas Turki, Lebanon, India, Arab yang terkenal dengan berbagai macam makanan khas timur seperti Nasi biryani, kebab, kambing, dan lain-lain. Jadi ada tidak perlu khawatir lagi untuk mencari makanan halal.

2. Little India
Little India juga merupakan kawasan timur yang hampir mirip dengan Kawasan Bugis. Disana terdapat makanan melayu dan pastinya lebih banyak makanan khas timur. Namun untuk tempat tinggal, lebih disarankan untuk memilih di daerah Bugis karena lebih nyaman.

3. Supermarket
Supermarket di Singapura tidak hanya menjual makanan ringan, namun juga menjual makanan berat yang siap saji dan disana sudah tersedia microwave untuk menghangatkan makanan. Anda bisa bertanya pada petugas jika ragu akan kehalalannya. Makanan yang aman itu seperti nasi segitiga berlapis rumput laut, atau salad dan makanan sejenis itu. Makanan dan minuman kemasan akan di labeli halal jika makanan tersebut memang halal.

4. Restoran di Pinggir Jalan
Jika di Indonesia kita bisa langsung masuk restoran mana saja yang kita inginkan karena sangat banyak yang halal, di Singapura tidak begitu. Anda harus melihat restoran bertulisan halal dahulu sebelum memasukinya. Ini dikarenakan penduduk Singapura beragam tidak seperti Indnesia yang mayoritas muslim.
Tips mudahnya yaitu anda bisa melihat menunya, jika menu yang anda lihat dari luar restoran menjual dagin, andag harus berhati-hati karena bisa jadi yang dipakai adalah daging babi. Tapi restoran yang halal, menu yang tertulis biasanya adalah daging ayam, roti, mie dan sayuran. Yang terpenting adalah jangan segan untuk bertanya pada petugas restoran, karena mereka akan memberitahu apakah restoran tersebut halal atau tidak.

Itulah beberapa informasi tentang mencari kawasan dan makanan halal di Singapura, semoga tips yang ada di artikel ini bisa membantu anda saat berada di Singapura.

(Visited 2 times, 1 visits today)
Share

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *