Begini Caranya – Membiasakan Diri Membaca AlQuran Dimanapun Kapanpun

Membaca AlQuran setiap hari pasti menjadi idaman semua kaum muslim. Ingin rasanya selalu dekat dan memahami serta menerapkan setiap ayatnya. Mungkin bagi sebagian ornag, kebiasaan baik ini sangat sulit dimulai. Banyak kendala yang harus diselesaikan. Nah, artikel kali ini akan mengupas bagaimana caranya selalu membaca AlQuran dimanapun dan kapanpun lebih mudah.

Membaca Al quran itu menjadi sebuah kebiasaan umat muslim. Bagi mereka yang sudah leancar dan terbiasa hal ini sangatlah mudah. Tapi bagi mereka yang mualaf, baru mulai belajar membaca AlQuran, baru mulai mendekat lagi ke Allah dan kitabnya maka hal ini akan menjadi tantangan tersendiri.

Banyak kendala ditemui, mulai buta huruf AlQuran, waktu sibuk, motivasi yang kurang atau merasa enggan membuka mushaf setiap saat. Dan faktor-faktor inilah yang harus kita cari solusinya. Berikut cara untuk memulai membaca Al Quran lebih intens:

  1. Mendengarkan murotal AlQuran (versi MP3). Sehingga Anda dapat mendengarkan kapanpun dan dimanapun. Tentunya tetap harus memperhatikan adab dimana saja yang boleh mendengarkan ayat Al Quran.
  2. Mulai membaca atau play secara berulang surat tertentu. Misalnya kita ingin lebih lancar membaca Surat Yasin. Maka, Anda dapat mulai membaca dan mendengarkan secara berulang-ulang. Tidak hanya sekali tapi berkali-kali. Semakin sering membaca / mendengarkan maka secara perlahan Anda akan hafal.
  3. Untuk Anda yang sibuk dan masih di jam kerja, bisa juga mulai mendengarkan murotal AlQuran via audio MP3. Anda cukup membawa headset dan langsung putar audio MP3.
  4. Gabung group yang sama-sama memiliki motivasi membaca AlQuran. Anda pasti sudah mengenal ODOJ (One day one juz) atau jika dirasa berat maka bisa mulai dengan group yang membaca perharinya hanya beberapa ayat saja.
  5. Memasang target untuk menambah bacaan AlQuran tiap harinya. Bisa mulai dengan target 10 ayat, 20 ayat hingga seterusnya. Anda dapat mencicilnya sedikit demi sedikit sepanjang hari. Anda dapat mulai membaca 10 ayat saat di perjalanan, antri, wkatu istirahat dst. Maka tak terasa ketika Anda akan istirahat tidur target membaca ayat AlQuran tinggal sedikit lagi.

membaca surat yasin lengkap

Nah, salah satu platform yang recomended untuk membaca Al Quran dimanapun dan kapanpun adalah Baca AlQuran dot com. Berikut beberapa kelebihannya:

  1. Tersedia ayat Al Quran dalam bentuk tulisan, terjemahan, cara baca bahkan ada versi audio MP3
  2. Dapat dibaca kapanpun dan dimanapun
  3. Dapat didengarkan melalui audio MP3
  4. Praktis karena menggunakan gadget Anda. Tentunya jangan lupa untuk kapan dan dimana harus memutar audio MP3.

Nah, jadi makin mudah kan untuk membaca AlQuran dimanapun dan kapanpun. Tentunya hal ini akan perlu perjuangan, tapi seiringnya berjalan waktu jika sudah terbiasa maka akan menjadi sebuah kebiasaan yang baik bahkan rasanya akan sangat kurang jika kita sehari tidak membaca dan mendengarkan AlQuran.

(Visited 40 times, 1 visits today)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *