Cari Tahu 4 Peluang Wisata Halal yang Paling Mudah Kita Temui

Share

Wisata Halal –  Tak dipungkiri lagi, potensi wisata di setiap negara nyaris memegang peranan penting untuk mengenalkan keindahan, sejarah, budaya dan lain sebagainya kepada dunia luar. Setiap negara tentu memiliki keunikannya sendiri. Bisa jadi hanya negara itu yang memiliki keindahan gunung tertentu, budaya tertentu atau kelebihan spesifik misalnya.

Sebut saja negara Finland, sebuah negara di eropa utara yang memiliki luas sekitar 338 ribu km2 ini makin terkenal dengan keberhasilannya melakukan perbaikan di bidang pendidikan. Kalau bicara soal pendidikan, maka nama negara Finland akan muncul di urutan teratas. Perubahan besar-besaran pemerintah akan sebuah pendidikan, sangat didukung oleh masyarakatnya. Bertambahnya jumlah wisatawan dari berbagai penjuru dunia yang ingin belajar dan bertukar pikiran mengenai pendidikan menjadi efek positif bagi negara Finland.

Banyak cara dilakukan untuk mengenalkan keunikan sebuah negara. Mulai dari menggelar acara khas daerah tertentu, mengadakan acara olahraga seperti lari, yang rutenya melewati daerah wisata tertentu sampai pada acara-acara kenegaraan. Promosi dilakukan setiap ada kunjungan para negarawan, media dilibatkan, masyarakat diajak untuk turut serta di dalam setiap perhelatan yang diadakan pemerintahan. Ada bagian kita yang sangat bisa berkontribusi dari peluang yang ada untuk mengenalkan dan memajukan pariwisata halal pada negara. Berikut ini salah satunya :

gide untuk wisata halal
guide wisata halal

1. Pemandu perjalanan wisata halal
Menjadi perantara dan penyedia jasa perjalanan, tak perlu modal banyak. Cukup minimal menguasai daerah-daerah wisata yang unik lagi menarik bisa mulai bergerak menjadi pemandu wisata. Saat ini banyak anak muda yang memberikan informasi lengkap nan detil melalui media sosial bahwa ia siap menjadi pemandu wisata halal yang ada di daerahnya.

2. Penyedia jasa rumah tinggal
Para generasi milenial saat ini, lebih menyukai tinggal bersama penduduk lokal. Keramahan dan keakraban akan makin kental terasa saat bergabung dan melebur bersama penduduk asli. Tinggal bersama sang pemilik rumah beserta fasilitas yang memang tersedia layaknya di rumah sendiri, ternyata menjadi pilihan yang jauh lebih menarik dari pada tinggal di hotel berbintang.

3. Rumah makan berlogo halal
Bagi wisatawan muslim, makan di rumah makan yang berlogo halal negara setempat akan memberikan rasa aman. Apalagi bila kemudian pemerintah pun mengusung pariwisata halal, maka sudah barang tentu harus didukung pula dengan masyarakat yang mampu memberikan pelayanan yang baik, mnimal dengan kepemilikian sertifikat halal.

4. Tour wisata religi
Informasi dan pengenalan daerah-daerah religi saat ini, mampu bersaing cukup bagus untuk kemudian ditawarkan dalam sebuah paket perjalanan wisata. Memberikan wawasan baru akan lingkungan masyarakat yang mungkin belum pernah diketahui orang banyak, diharapkan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat yang dikunjungi. Sebut saja wisata ziarah makam-makam wali yang sembilan termasuk penginapan ramah dan halal lingkungan yang ditawarkan. Wisatawan akan mendapatkan satu paket lengkap perjalanan wisata religi, fasilitas makanan halal, pemandu lokasi hingga tempat tinggal dengan lingkungan yang islami.

Berharap masyarakat pun ikut mendukung program pemerintah yang sedang digalakkan parwisata halal. Memberikan sedikit kontribusi bila dilakukan secara serempak dan bersama-sama tentu akan jauh lebih mudah. Karena satu sama lain bisa saling bersinergi dalam prosesnya. Rumah makan mengajukan berkas sertifikasi halal, pemerintah memudahkan segala urusannya. Para agen travel mempromosikan paket-paket wisata islaminya, pemerintah membantu memberikan wadah sebagai ruang dan corong informasi ke dunia luar. Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan melestarikan keelokan budaya dan keunikan bangsa.

 

foto pexels

(Visited 46 times, 1 visits today)
Share

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *