Cirebon Bukan hanya sekedar kota udang

Share

Cirebon Bukan hanya sekedar kota udang, Berbicara kota Cirebon di Jawa Barat, sekilas tampak tak banyak yang menarik. Tapi ternyata, Cirebon memiliki beragam destinasi wisata menakjubkan dengan corsetan budaya, sosial, sampai kuliner. Yuk, keliling Cirebon!

Nuansa Jawa terasa ketika tiba di stasiun kereta api Cirebon. Terlihat becak-becak di depan stasiun yang dipergunakan sebagai sarana transportasi utama di kota ini. Keliling Kota Cirebon menjadi semakin menarik dengan banyaknya gedung-gedung tua yang tetap terjaga dan dijadikan sebagai gedung pemerintahan, seperti gedung DPRD, kantor PJKA, juga Bank Indonesia.

Ada juga pabrik rokok British American Tobaco yang dikenal dengan gedung BAT. Kantor BAT terletak di gedung yang sudah ditetapkan sebagai cagar budaya. Di sebagian sudut kota masih terdapat rumah-rumah berpondasi kayu yang menimbulkan daya tarik kota perbatasan jawa barat dan jawa tengah ini.

Dan cara terbaik saat traveling adalah mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dan mengkombinasikan obrolan dari warga sekitar. Setelah bertanya kepada beberapa petugas hotel dan pemilik warung, barulah Anda akan mendapat gambaran mengenai tempat kuliner dan tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi di Cirebon.

Selain bahasa, transportasi selalu menjadi ujian pertama dalam beradaptasi ketika tiba di kota orang. Meskipun bukan kota yang begitu besar, cara menaiki angkot di kota ini cukup sulit dengan penomoran trayek angkot yang bisa dibilang cukup beragam. Saking bingungnya, terkadang Anda bisa salah mengingat nomor angkot yang harus dinaiki.

Jika Anda berkunjung ke Cirebon dan bingung menggunakan transportasi angkutan umum disana, Anda bisa langsung rental mobil di Cirebon.Selain mobil, Anda juga bisa rental Hiace di Cirebon atau armada mobil rental lainnya.

Dengan adanya empat Keraton di kota ini, Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan, dan Keraton Keprabonan. rasanya Cirebon lebih layak disebut Kota Keraton. Salah satu hal uniknya adalah semua keraton di Cirebon ini menghadap ke sisi utara. Suasana Kota Cirebon zaman dahulu terekam sangat jelas dalam kumpulan foto di pelataran Keraton yang berarsitektur Eropa ini. Memasuki satu ruangan berisi kursi singgasana yang berisi bendera dan alat perang, suasana terasa semakin dingin. Selanjutnya, Keraton Kasepuhan. Sepertinya keraton ini menjadi yang termegah dan cukup luas dengan adanya kompleks alun-alun, ruang tamu, sampai singgasana raja. Pencampuran budaya Jawa dan Sunda tampak pada gerbang yang terbuat dari bata merah bertingkat.

Jika ke Cirebon, jangan lewatkan juga untuk berkunjung ke Tamansari Gua Sunyaragi. Selain dibuat takjub dengan kekaguman nilai sejarah dan budayanya, Anda pun cukup dibuat takut ketika menyusuri lorong-lorong gua yang gelap dengan sudut-sudut mistisnya. Di Tamansari Gua Sunyaragi ini juga terdapat ornamen-ornamen negara Belanda dan China yang sebelumnya Anda temui di sudut keraton. Di balik nilai-nilai budayanya yang kental, pusat perbelanjaan, hotel,dan wisata kuliner ternyata juga berkembang di kota ini. Jangan lupakan juga wisata kuliner di kota ini. Selain makan sea food, menu tahu gejrot dan nasi lengko melengkapi kenikmatan kuliner lokal kami saat berada di Cirebon.

Cirebon memang lebih dari sekadar Kota Udang. Cirebon adalah kota yang penuh dengan nilai budaya, sejarah, serta memiliki tata kehidupan yang menarik. Jika Anda kebingungan mencari mobil angkutan umum yang membawa Anda mengunjungi destinasi di Cirebon, Anda bisa langsung rental mobil di Cirebon atau rental hiace di cirebon. Silahkan langsung klik www.rentalmobildicirebon.com .,selamat travelling ya. Untuk info rental mobil dapat menghubungi tim kami di 0821-2098-2211.

(Visited 27 times, 1 visits today)
Share

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *