Mengenal 8 Jenis Makanan Halal di India

Share

Info Kuliner –  India dikenal sebagai negara yang memiliki banyak penduduk vegetarian karena agama yang dianutnya. Namun, India juga memiliki penduduk muslim yang tidak sedikit sehingga makanan halal di India dapat mudah ditemui. Makanan berbahan daging biasanya dibuat oleh orang muslim India sehingga bisa dipastikan halal.

Para wisatawan yang pergi ke India bisa mencoba beberapa jenis makanan halal berikut ini:

baida roti
Baida roti khas india (foto thespruceeats)

1. Baida Roti
Baida roti terlihat seperti sebuah chappati, rasanya pedas ringan dan kaya dengan protein baik karena menggunakan telur sebagai salah satu bahan utamanya. Selain telur, baida roti mengandung daging yang sudah dibumbui misalnya daging ayam atau kambing. Makanan ini dimasak tanpa menggunakan minyak.
Baida roti biasanya dijadikan sebagai cemilan. Kadang-kadang baida roti juga dimakan untuk sarapan ringan.

2. Biryani ayam
Nasi biryani ayam merupakan salah satu makanan tradisional India yang banyak disukai. Bahannya berupa nasi biryani yang dicampur dengan ayam, dibumbui dengan garam, perasan lemon, bubuk cabai, dan bubuk kunyit.

nasi biryani
Nasi Biryani (foto sainsburry recipes)

3. Kheema Pao
Kheema Pao merupakan salah satu makanan muslim yang mudah dibuat. Bentuknya sendiri seperti sebuah burger dengan dua buah roti yang mengapit irisan daging kambing yang dicincang. Daging tersebut dimasak dengan bawang puting, bawang bombay, tomat, dan cabai. Daging cincang tersebut dapat ditambah lagi dengan telur dan sayuran. Makanan yang satu ini dapat menjadi makanan yang disukai oleh anak-anak karena mirip dengan burger.

4. Fillet Ikan dengan Mustard Bawang Putih
Makanan yang satu ini lebih bagus dimasak dengan cara dipanggang daripada digoreng dengan minyak. Bahannya terdiri dari fillet ikan yang dicampur dengan potongan kecil kentang, mustard, minyak zaitun, lada, wortel yang dicincang, sari lemon, dan garam. Jika dimasak dengan dipanggang maka bisa menjadi pilihan makanan yang cukup sehat.

5. Ayam Mentega
Salah satu makanan halal di India yang umum ditemukan yaitu ayam mentega. Ayam mentega dibuat dengan membumbui daging ayam dengan mentega dan bumbu halus dari bawang putiih, pasta jahe dan sari lemon. Biarkan bumbu meresap semalaman sebelum dimasak.

6. Nalli Nihari
Resep muslim yang satu ini dibuat dari daging kambing. Masakan ini termasuk cukup mewah karena berarti “sarapan seperti seorang raja”. Ini dibuat dari betis daging kambing yang lembut dengan saus berminyak dan penuh rempah-rempah. Biasanya dimakan dengan roti yang renyah.

7. Rezala
Rezala juga terbuat dari daging kambing. Rezala merupakan masakan yang berasal dari India bagian utara, namun Bengali membuatnya dengan cara mencampur daging kambing dengan saus yoghurt tipis. Saus terbuat dari krim yang diberi biji poppy dan terkadang dengan kacang mete dan dibumbui dengan kewra.

8. Hyderadabi Haleem
Makanan halal di India yang satu ini berupa sup yang terbuat dari gandum, daging, dan lentil. Haleem sangat populer sebagai hidangan untuk berbuka puasa di Hyderabad. Haleem juga bisa dinikmati di kota-kota besar lainnya di India berkat ada layanan pengiriman dari produsen haleem terkenal.

Ada banyak restoran halal yang bisa ditemui di berbagai kota di India. Jadi wisatawan bisa langsung memilih menu makanan yang halal di restoran tersebut. India sendiri telah memiliki sistem sertifikasi halal yang tertera pada produk makanan serta restoran.

Selain makanan yang berbahan daging kambing dan ayam, makanan yang berbahan dasar sayuran juga bisa menjadi pilihan saat berkunjung ke India. Beberapa makanan vegetarian asal India misalnya paneer tikka, aloo bonda, palak pakora, dan bhurtha.

(Visited 5 times, 1 visits today)
Share

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *