Recomended – Lembaga Ziswaf Profesional dan Amanah

Syariat islam sudah mengatur sedemikian rupa kehidupan kita agar tetap dekat dengan Allah SWT. Aturan-aturan itu juga ada pada pengelolaan harta yang kita miliki. Salah satunya adalah tentang zakat, infaq, shodaqoh, wakaf dan dana sosial. Nah, diartikel kali ini kita akan membahas tentang Ziswaf secara menyeluruh dan apa manfaatnya untuk masyarakat sekitar. Yuk, langsung disimak.

Apa itu Ziswaf ?

Ziswaf adalah kepanjangan dari Zakat, infaq, shodaqoh, wakaf dan dana sosial. Zakat sendiri hukumnya wajib yaitu 2,5% dari penghasilan. Zakat ada zakat maal maupun zakat fitrah dan ini semua digunakan untuk manfaat banyak orang. Peruntukkan zakat biasanya untuk hal-hal yang sifatnya darurat seperti: memberikan makan agar tidak ada yang kelaparan, tidak melakukan hal yang haram agar dia kenyang dan ini memiliki tujuan besar yaitu agar tidka terjadi kesenjangan sosial ataupun kekacauan.

 

Infaq dan shodaqoh adalah mengeluarkan sebagian harta untuk kepentingan agama. Ini berbeda dengan zakat yang ada nisabnya, tapi infaq dan shodaqoh tidak memiliki nisab. Infaq dapat diberikan kepada siapapun seperti orangtua, anak yatim dll.  Wakaf adalah memberikan sejumlah uang, tanah, atau harta dalam bentuk lainnya dan sifatnya abadi. Artinya harta yang sudah diwakafkan harus dikelola oleh lembaga untuk masalahat orang banyak. Nilai wakaf tidak boleh dijual, dipindah tangankan, hibah atau waris. Wakaf nilainya abadi.

Untuk potensi wakaf sendiri di Indonesia pada tahun 2022 sebanyak 180 triliun pertahun (data dari Sistem Informasi Wakaf dari kementrian agama). Contohnya wakaf uang saat pandemi 2019 kemarin banyak digunakan untuk pembelian ventilator, ambulans dll. Wakaf uang dikelolah secara syari dan keuntungannya digunakan untuk membiayai hal-hal diatas. Sedangkan dana pokoknya tetap abadi.

program wakaf bsi maslahat

Salah satu lembaga ZISWAF profesional dan amanah adalah BSI Maslahat. BSI Maslahat dibentuk sejak tahun 21 November 2021 dengan nama awal adalah Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat (yayasan BSMU) dan berubah menjadi Bangun Sejahtera Indonesia Maslahat (BSI Maslahat) dalam rangka mengkuatkan kemitraan dengan PT Bank Syariah Indonesia, Tbk dan dilakukan untuk menghimpun dana ZIswaf, dana sosial , CSR yang ditujukan untuk masyarakat perorangan maupun perusahaan. BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penyaluran dan penghimpunan dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas. Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign Go Happy. Program campaignnya meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya. Donasi bisa dilakukan melalui https://www.bsimaslahat.org/gohappy/.

Sebagai lembaga pengelola ZISWAF (Zakat, Infaq, Shodaqoh, Wakaf dan dana sosial) BSI Maslahat memiliki banyak program yang memiliki dampak ke masyarakat luas melalui program:

  1. Donasi goceng bisa bikin happy dengan target untuk membnatu anak putus sekolah, membantu UMKM, gempa Cianjur, program pembangunan masjid Bakauheni
  2. Ada juga program orang tua asuh dengan target agar para dermawan mensupport pendidikan pada siswa yang terancam putus sekolah dikarenakan kekurangan biaya.

Nah, salah satu bukti bahwa BSI Maslahat dikelola secara profesional dan sungguh-sungguh adalah diberikannya amanah berupa penghargaan yang diberikan oleh lembaga-lembaga profesional seperti:

  1. Top CSR Award 2021
  2. Marketing award 2021
  3. Top CSR award 2022
  4. Top leader on commitment CSR award 2022
  5. CSR and PDB Awards (kategori silver untuk program desa berdaya sejahtera Indonesia)

Ini adalah saatnya kita bergandengan tangan untuk memaksimalkan potensi umat dalam menghimpun dana Ziswaf bersama BSI Maslahat. Masyarakat sejahtera bersama, insyaallah bisa.

(Visited 13 times, 1 visits today)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *