Serunya Tren Wisata Halal di Indonesia

Share

Serunya tren Wisata Halal di Indonesia – Di artikel sebelumnya kita sudah mengenal sekilas mengenai Makanan Halal, sertifikasi Halal dan Label Halal dari LPPOM MUI. Di artikel kali ini SeputarHalal akan membahas tentang Wisata Halal yang sedang menjadi Trend di beberapa Negara. Dan salah satunya Negara yang sudah memulai Tren Wisata Halal ini adalah Negara yang mayoritasnya Umat Muslim yaitu Indonesia.

Istilah nama Wisata Halal ini sudah mulai dikenal oleh beberapa orang sejak tahun 2015 di Abu Dhabi, UAE dalam sebuah Event World Halal Tourism Summit (WHTS). Sebelumnya istilah Wisata Halal ini sering disebut dengan nama Muslim tour atau lainnya di dunia pariwisata. Namun di dalam Event tersebut telah menyadarkan bahwa pasar dari Wisata Halal ini sangatlah besar dan perlu dikembangkan. Sehingga di dalam Event WHTS tersebut telah diprediksi bahwa pada tahun 2019 nanti, akan terdapat perputaran uang tidak kurang dari 238 Milyar USD dan itu hanya seputar Wisata Halal saja (di luar haji dan umrah).

Lalu apa yang dimaksud dengan Wisata Halal itu sendiri? Secara umum istilah dari wisata halal ini adalah sebuah kegiatan wisata yang dikhususkan untuk ummat islam di dunia dengan berbagai Fasilitas yang disediakan. Beberapa fasilitas ini di antaranya adalah Tempat Sholat dan Wudhu yang bersih, Makanan dan minuman yang Halal, Hotel yang sesuai syariat Islam, dan fasilitas lainnya yang di dalamnya terdapat unsur Syar’i.

Di Indonesia sendiri, salah satu pulau yang sudah memulai Wisata halal ini adalah di Lombok. Lombok merupakan tempat pertama dan juga masih satu-satunya di Indonesia yang telah memiliki Peraturan Daerah (Perda) mengenai Pariwisata Halal. Hal tersebut telah di rencanakan oleh DPRD NTB demi memperkenalkan dan menambah Branding pulau Lombok tentang Pariwisata Halal saat ini.

Isi Perda mengenai Pariwisata halal tersebut adalah Ruang lingkup pengaturan pariwisata halal dalam peraturan daerah ini meliputi Destinasi Pemasaran dan Promosi, Industri kelembagaan, pembinaan, pengawasan dan pembiayaan, pengelola destinasi / tempat pariwisata Halal harus membangun fasilitas umum untuk mendukung kenyamanan aktivitas kepariwisataan Halal, contohnya seperti tempat dan perlengkapan untuk ibadah Wisatawan Muslim, serta fasilitas bersuci juga memenuhi standar syariah.

Upaya dari Pemerintahan NTB ini di dalam membangun Tren Wisata Halal ini pun mendapatkan dua buah Penghargaan, yaitu Worlds Best Halal Honeymoon Destination dan Worlds Best Halal Tourism Destination yang di dapat pada Event World Halal Travel Awards (WHTA). Dan penghargaan tersebut telah memberikan dampak positif bagi pertumbuhan Wisatawan yang ada di Lombok.

Itulah salah satu pulau di Indonesia yang sudah memulai Tren Wisata Halal. Sebenarnya masih banyak lagi pulau di Indonesia yang sudah memulai tren ini. Untuk info mengenai Wisata Halal anda bisa mengunjungi website www.wisatahalal.info

(Visited 71 times, 1 visits today)
Share

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *