Jenis Makanan 4 Sehat 5 Sempurna dan Manfaatnya yang Wajib Anda Ketahui!

Share

“4 Sehat 5 Sempurna”, istilah tersebut seringkali diartikan sebagai kunci untuk mendapatkan hidup yang sehat dan kuat. Setiap orang pasti ingin mendapatkan tubuh yang sehat, bahagia, jauh dari penyakit dan panjang umur. Untuk mendapatkan hal tersebut, tentu harus ada usaha yang Anda lakukan, mulai dari olahraga teratur, istirahat yang cukup serta pola makan sehat dan teratur.

Jenis Makanan 4 Sehat 5 Sempurna dan Manfaatnya

Sejak kecil atau ketika duduk di bangku sekolah tentunya istilah makanan 4 sehat 5 sempurna bukan hal asing, istilah tersebut menjelaskan kandungan gizi ideal untuk tubuh. Untuk mengetahui jenis makanan apa saja yang termasuk ke dalam 4 sehat 5 sempurna beserta manfaatnya, simak ulasan berikut ini

1. Makanan Pokok
Makanan 4 sehat 5 sempurna yang pertama yaitu makanan pokok seperti sagu, nasi, jagung, gandum, singkong, kentang atau umbi-umbian. Makanan tersebut memiliki kandungan yang baik untuk tubuh, misalnya nasi merupakan sumber karbohidrat untuk tubuh manusia yang mengandung gula dan menjadi sumber energi tubuh. Anda bisa memilih untuk mengkonsumsi beras putih atau beras merah.
Beras merah dinilai lebih baik dibandingkan beras putih karena memiliki kandungan serat yang tinggi, karbohidrat sederhana, cepat kenyang, indeks glikemik yang rendah dan meningkatkan produksi insulin [1]. Selain nasi, sumber karbohidrat lainnya yaitu gandum, umbi-umbian dan kentang.

2. Lauk Pauk
Makanan selanjutnya yang masuk ke dalam menu 4 sehat 5 sempurna yaitu lauk pauk seperti tahu, tempe, telur, daging ayam, daging sapi, daging kambing, ikan, bebek dan lainnya. Lauk pauk dapat memenuhi kebutuhan protein tubuh, di mana kandungan ini berfungsi untuk membentuk sistem imun serta menyeimbangkan kerja hormon.
Sumber protein bisa ditemukan di daging ayam, daging ikan, seafood kecuali cumi-cumi. Sedangkan untuk protein nabati banyak ditemukan di sayuran brokoli dan gandum. Jangan lewatkan menu makanan 4 sehat 5 sempurna yang satu ini ya!

3. Sayur-Sayuran
Makanan 4 sehat 5 sempurna yang tak kalah penting lainnya yaitu sayur-sayuran seperti daun ubi, kangkung, kol, sawi, bayam, brokoli, lobak, wortel dan lainnya. Sayur-sayuran digunakan untuk memenuhi kebutuhan mineral dan serat tubuh.
Sayur-sayuran yang bagus dikonsumsi tubuh yaitu sayuran berwarna hijau seperti kangkung, brokoli, bayam dan sawi. Pasalnya sayuran hijau memiliki kandungan zat hijau daun atau klorofil yang berfungsi sebagai antioksidan yang bagus untuk meningkatkan sistem imun tubuh [1]. Bukan hanya itu, sayuran hijau juga memiliki kandungan Sulforaphane dan isothiocyanate yang tinggi yang dapat merangsang komponen pemecah unsur kimia penyebab penyakit kanker.

4. Buah-Buahan
Selain sayuran, buah-buahan juga termasuk ke dalam menu 4 sehat 5 sempurna yang wajib Anda konsumsi setiap hari untuk mendapatkan tubuh sehat. Buah-buahan berfungsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh [2].
Sama seperti sayuran, buah-buahan juga memiliki banyak manfaat mulai dari menjaga kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan tubuh, peningkatan sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh kuat, jauh dari penyakit. Contoh buah-buahan yang memiliki kandungan mineral tinggi dan banyak vitamin yaitu nanas, pepaya, pisang, mangga, anggur, jambu air, stroberi, alpukat dan apel.

5. Susu
Susu menjadi penyempurna dalam menu 4 sehat 5 sempurna. Susu merupakan minuman yang memiliki kandungan protein, lemak, vitamin, mineral yang dibutuhkan tubuh untuk tulang dan sumber energi [3]. Susu yang paling terkenal di indonesia yaitu susu sapi. Ada pula susu lainnya yang bisa Anda konsumsi seperti susu kedelai, susu kambing, susu kacang almond hingga susu kuda.

Jangan Lupa Minum Air Mineral AQUA!

Selain mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, Anda juga perlu minum air mineral yang cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Pilihlah air putih yang sehat, bersumber dari sumber terbaik dan memiliki kandungan yang banyak. Salah satu air mineral yang baik dikonsumsi yaitu AQUA.

Aqua merupakan air mineral yang bersumber dari sumber air terbaik, pegunungan. Pasalnya air mineral yang diambil dari pegunungan sudah melalui filtrasi alami, sehingga tidak mengubah kadar mineral yang dikandung dalam air tersebut. Bukan hanya itu, mineral yang terkandung juga tetap terjaga dan konsisten selama bertahun-tahun, sehingga rasa dan manfaatnya bisa diperoleh maksimal untuk menjaga kesehatan tubuh.

Air mineral AQUA hanya diambil dari sumber air tanah pegunungan yang dilapisi impermeable layer serta sumber yang lindungi jauh dari aktivitas manusia sehari-hari, makanya tidak heran jika kualitas air mineral AQUA sangat terjaga. AQUA juga memiliki kandungan bermanfaat lainnya seperti kalsium, Zinc, Magnesium, silicate, kalium.

Bukan hanya itu, AQUA juga melakukan tiga perlindungan dalam produksinya yaitu melindungi ekosistem sekitar sumber air, melindungi kandungan mineral agar tetap alami serta melakukan proses pengemasan yang optimal agar kualitasnya tetap terjaga hingga ke tangan konsumen. Makanya tidak heran jika AQUA menjadi pilihan air mineral banyak orang untuk menjaga kesehatan tubuh.

Itulah beberapa hal mengenai jenis makanan 4 sehat 5 sempurna beserta manfaatnya yang bisa Anda ketahui. Lengkapi pola hidup sehat Anda dengan minum air mineral AQUA yang cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Yuk beli AQUA sekarang juga!

Referensi:
1. https://halosehat.com/makanan/makanan-sehat/makanan-4-sehat-5-sempurna-contoh-dan-manfaatnya
2. https://klinikvaksinasi.com/contoh-dan-manfaat-makanan-4-sehat-5-sempurna/
3. https://www.enervon.co.id/amp/article/510/ini-makanan-4-sehat-5-sempurna-yang-penting-untuk-dikonsumsi/
4. https://www.sehataqua.co.id/sumber-air-minum-terbaik-untuk-dikonsumsi/

(Visited 19 times, 1 visits today)
Share

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *